It's just me, my life, my idea

Cara Cek BPJS Kesehatan Kita Aktif atau Tidak

Apabila Anda adalah peserta BPJS Kesehatan melalui jalur Bantuan Pemerintah atau Penerima Upah, maka Anda tidak perlu khawatir, karena hampir tidak akan ada masalah dengan keanggotaan BPJS Kesehatan yang Anda miliki, karena iuran secara otomatis dibayarkan setiap bulannya.

Berbeda dengan Peserta BPJS Kesehatan dari jalur Mandiri, dimana peserta diharuskan membayar iuran secara mandiri setiap bulannya sebelum tanggal 10.

Sayangnya, berbeda dengan institusi lainnya seperti PLN dan PDAM, yang rajin mengirimkan surat cinta apabila di tanggal 10 belum juga dibayar, BPJS tampaknya tidak terlalu peduli apakah tagihan dibayar atau tidak, pasalnya, apabila tidak dibayar, nilai tagihan akan terus terakumulasi.

Celakanya, walaupun tagihan terus terakumulasi, ternyata status peserta yang menunggak pembayaran secara otomatis berubah menjadi Tidak Aktif, tanpa ada peringatan atau pemberitahuan apapun.

Terlepas dari segala pro dan kontra tentang kepesertaan BPJS Kesehatan, pada akhirnya banyak sekali kerugian yang akan kita dapatkan apabila ternyata status keanggotaan kita Tidak Aktif.

Berikut adalah link yang sangat penting untuk melakukan pengecekan tentang status keanggotaan BPJS Kesehatan kita. Perlu disampaikan juga link ini hanya untuk Peserta Mandiri.

Cek di sini: https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/

Tetap jaga kesehatan dan berbagi pada sesama.

Apabila artikel ini membantu Anda mohon kiranya dapat memberikan donasi untuk pengelolaan situs ini.

(ebs-gen)