It's just me, my life, my idea

WhatsApp Bisnis – Cara Membuat Tautan Langsung Untuk Chat

Akhir-akhir ini banyak beredar tautan yang apabila diikuti akan membuka laman WhatsApp Web dengan nomor tujuan dan redaksi yang sudah ditentukan sebelumnya, kita sebagai user cukup login ke WhatsApp Web kemudian menekan tombol Send dan otomatis pesan terkirim, walaupun nomor tersebut belum ada di kontak kita.

Ini adalah salah satu kegunakan WhatsApp API yang dikembangkan pasca diakuisisi oleh Facebook.

Sehingga bagi para penjual online, kini dapat mempermudah calon pembeli untuk menghubungi tanpa harus terlebih dahulu menyimpan nomor ke kontak.

Di laman resminya (https://faq.whatsapp.com/en/android/26000030/) fitur ini disebut¬†WhatsApp’s Click to Chat. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memulai obrolan dengan seseorang tanpa harus terlebih dahulu menyimpan nomor teleponnya di buku alamat ponsel Anda. Selama Anda tahu nomor telepon yang dituju, Anda dapat membuat tautan yang memungkinkan Anda memulai obrolan. Dengan mengeklik tautan, obrolan dengan orang tersebut secara otomatis terbuka. Klik untuk Obrolan ini berfungsi baik di ponsel maupun di WhatsApp Web.

Untuk membuat tautan Anda sendiri, gunakan format https://wa.me/ <number> di mana <number> adalah nomor telepon lengkap dalam format internasional. Hilangkan angka nol, tanda kurung, atau tanda strip saat menambahkan nomor telepon dalam format internasional. Harap diingat bahwa nomor telepon ini harus memiliki akun aktif di WhatsApp.

Contoh penggunaan:

https://wa.me/628998590897

Pada tautan di atas, apabila kita mengikuti tautan tersebut, akan otomatis mengirimkan pesan ke nomor +628998590897 -> +62 adalah kode area Indonesia dengan nomor telepon 08998590897.

Bisa juga membuat tautan dengan redaksi yang telah ditentukan sebelumnya, gunakan format https://wa.me/<number>?text=<text> di mana <number> adalah nomor tujuan dan <text> adalah redaksi yang ingin ditampilkan.

Contoh penggunaan:

https://wa.me/628998590897?text=Mencoba%20WhatsApp%20Chat

Pada tautan di atas, apabila kita mengikuti tautan tersebut, akan otomatis mengirimkan pesan ke nomor +628998590897 dengan mengirimkan teks “Mencoba WhatsApp Chat”.

Untuk mengisi text diperlukan format khusus, hal ini disebabkan karena url tidak mengenal karakter khusus seperti spasi, baris baru, dan titik dua (:).

Berikut beberapa kode yang sering digunakan,

  • %3A (persen tiga alfa) untuk tanda titik dua (:)
  • %0A (persen nol alfa) untuk enter/baris baru
  • %20 (persen dua nol) untuk spasi

Berikut beberapa format text yang sering digunakan,

  • ( * ) tebal
  • ( _ ) miring
  • ( ~ ) coret

Penggunaan format text adalah menandai awal dan akhir text, contoh untuk huruf tebal gunakan *Tebal*.

Kemudian untuk memudahkan sharing tautan, bisa digunakan url shortener.

(ebs)