It's just me, my life, my idea

Microsoft Excel: Cara Ubah Notasi Scientific ke Format Nomor

Ada kalanya kita menemukan bahwa saat kita menuliskan sederetan angka yang lumayan panjang, sebagai contoh 33060852000099 namun ternyata di microsoft excel tampil sebagai 3,30609E+13. Ini adalah format scientific, dimana hal ini terkadang sangat mengganggu, apalagi dalam beberapa versi excel, ternyata apabila kita set cell dengan format text, secara default yang ditampilkan bukan seluruh angka tapi format scientific.

Permasalahannya, saat default view text adalah scientific, berarti menggunakan metode dasar mengubah format cell menjadi text menjadi tidak berguna, karena saat diformat sebagai text, secara default yang tampil adalah format scientific, dalam hal ini karena microsoft excel masih menetapkan bahwa rangkaian angka itu adalah nomor, dan bukan text.

estobayus.web.id

Namun, berikut beberapa trik untuk memaksa microsoft excel untuk menampilkan angka.

  1. Menggunakan tanda petik
    Cara termudah adalah dengan menambahkan tanda petik di depan angka, sehingga dengan sangat terpaksa cell itu akan diperlakukan sebagai text, dalam prakteknya akan muncul pesan error bahwa kita menginput number namun disimpan sebagai text.
    estobayus.web.idCara ini sangat efektif namun tentunya harus dilakukan satu per satu, maka akan menyusahkan terutama apabila Anda memiliki data yang lumayan banyak.
  2. Mengubah menjadi format number
    Cara berikut ini juga cukup mudah, cukup select cell yang bermasalah, klik kanan pilih format cells, kemudian pilih Number dengan desimal 0 tanpa dicentang di bagian Use 1000 separator.
    estobayus.web.idApabila cara ini belum berhasil masih ada cara berikutnya.
  3. Mengubah menjadi format custom
    Cara berikut ini juga cukup mudah, cukup select cell yang bermasalah, klik kanan pilih format cells, pilih Custom, isi 0.
    estobayus.web.idApabila cara ini belum berhasil masih ada cara berikutnya.
  4. Mengubah menjadi format text
    Cara berikut ini juga cukup mudah, cukup select cell yang bermasalah, klik kanan pilih format cells, pilih Text.
    estobayus.web.idApabila cara ini belum berhasil masih ada cara berikutnya.
  5. Menggunakan fungsi Trim
    Metode lain adalah dengan menggunakan fungsi Trim.
    estobayus.web.idKarena menggunakan fungsi, maka untuk metode ini sebaiknya lakukan insert kolom baru, lalu di kolom baru gunakan fungsi ini, lalu hapus kolom yang lama.
  6. Menggunakan fungsi Upper
    Metode lain adalah dengan menggunakan fungsi Upper.
    estobayus.web.id
    Karena menggunakan fungsi, maka untuk metode ini sebaiknya lakukan insert kolom baru, lalu di kolom baru gunakan fungsi ini, lalu hapus kolom yang lama.
  7. Menggunakan fungsi &.
    Metode lain dengan mencoba menyisipkan tanda petik di setiap awal konten cell.
    estobayus.web.idFungsi yang digunakan dalam adalah tanda petik ganda ( ” ) diikuti dengan tanda petik ( ‘ ) dan diikuti dengan tanda petik ganda ( ” ) kemudian diikuti dengan ( & )  kemudian informasi kolom yang akan diproses ( E3 ).
    Cara ini cukup efektif, walaupun pada beberapa versi excel, menggunakan fungsi ini akan menambah tanda petik di awal konten, hasil akhirnya bisa berbeda atau sama dengan cara nomor 1.
  8. Menggunakan Macro untuk menambah tanda petik.
    Cara pamungkas dan sudah pasti berhasil adalah dengan menggunakan Macro. Fungsi ini secara default di non aktifkan pada microsoft excel 2010 dan yang lebih baru. Cara mematikan fitur keamanan dengan mengijinkan microsoft excel untuk mengeksekusi macro bisa cari di klik di sini. Apabila fungsi macro sudah aktif, buka menu developer, lakukan klik kanan dan centang menu developer apabila menggunakan excel 2010 atau yang lebih baru. Karena sekali lagi, secara default fungsi ini memang dinonaktifkan.
    Masuk ke menu developer (view code) akan tampil jendela microsoft Visual Basic, input script berikut.
    estobayus.web.idKemudian kembali ke jendela microsoft excel, select semua cell yang ingin diproses, setelah select, kembali ke jendela microsoft visual basic, dan klik tombol play/ run atau bisa menggunakan tombol F5, dan biasanya proses hanya berlangsung sepersekian detik untuk sedikit data, kembali ke jendela microsoft excel dan seharusnya semua cell yang tadi dipilih sudah berubah ke format text dengan hasil seperti metode nomor 1.
    estobayus.web.id

 

Berikut tutorial kali ini semoga bermanfaat.

(ebs)