It's just me, my life, my idea

4 Sehat 5 Sempurna

Untuk mewujudkan hidup sehat, kita memerlukan pola makan yang sehat juga. Empat Sehat Lima Sempurna adalah terdiri dari berbagai unsur makanan yang sebaiknya dimakan setiap hari untuk menyeimbangkan asupan vitamun dalam tubuh.


Takut gemuk, terlalu banyak pekerjaan, atau tidak merasa lapar merupak beberapa alasan yang melatar belakangi banyak orang makan tidak teratur. Selain melewati sarapan, tidak sedikit pula yang baru menyantap makan siang saat waktu telah menunjukkan pukul 3 sore.
Ternyata timbulnya rasa tidak lapar tidak bisa dispelekan begitu saja. Pasalnya, hal tersebut juga merupakan salah satu keluhan radang lambung ringan, seperti halnya sakit kepala, lemas, dan tidak enak badan jika pola makan tidak teratur. Memang, keluhan radang lambung ternyata tidak melulu berupa rasa sakit di ulu hati atau maag, seperti yang biasa kita ketahui. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, produktivitas kerja pun akan terganggu.
Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, pola makan yang tepat sangat dianjurkan, yaitu 3 kali makan besar dan 2-3 kali makan selingan. Dengan membiasakan diri untuk makan teratur, selain menghindari maag, juga untuk menjaga tingkat kadar gula dalam darah agar tidak terlalu turun. Hal itu disebabkan kadar gula darah akan menurun setelah 1,5-3 jam setelah makan tergantung makan yang dikonsumsi. Semakin mudah makanan diserap, maka semakin cepat pula kadar gula naik dan kembali turun. Jika tidak segera diberi asupan baru, kadar gula akan menurun secara menetap dan jika terus turun akan menimbulkan berbagai gangguan. Di antaranya adalah lemah, mengantuk, pusing, pucat, jantung berdebar, rasa dingin, bahkan dapat mengarah pada kondisi yang lebih fatal, seperti kehilangan kesadaran.
Tentu saja, bukan hanya jadwal makannya saja yang diatur tetapi juga memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi dalam hidangan sehari- hari. Hal tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, antara lain berat badan, usia, jenis kelamin, aktivitas, ataupun penyakit yang dimiliki. Mengikuti konsep 4 sehat 5 sempurna bisa dijadikan pedoman dengan porsi yang disesuaikan. Kalaupun ingin melakukan diet, lakukanlah diet sehat. Dalam arti bukan semata- mata mengurangi porsi, melainkan melakukan kombinasi makanan dan minuman secara tepat. Oleh karena itu, protein hewani dan nabati, karbohidrat, lemak, sayur, dan buah sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh. Jika tubuh sehat, produktivitas pun meningkat.
Karbohidrat dan Lemak untuk TENAGA, Protein untuk PERTUMBUHAN dan PENGGANTIAN SEL. Vitamin-Mineral untuk PROSES METABOLISME dan DAYA TAHAN. Orang yang bekerja berat dan menderita sakit, banyak sel-sel tubuhnya rusak sehingga lemah. Agar kembali sehat dan segar dibutuhkan penggantian sel yang baru. Sesungguhnya setiap hari sejumlah sel kita rusak dan perlu penggantian sel. Proses ini membutuhkan zat gizi/makanan bergizi !
Makanan bergizi itu tidak selalu mahal dan bukan monopoli orang kota. Justru didesalah sumber makanan bergizi. Contohnya sayur-sayuran seperti bayam, kangkung, sawi, kacang panjang. Makan nasi dengan sayur saja belum cukup, perlu tambahan gizi hewani seperti telur, daging, ikan dan ayam.
Penghasilan suatu keluarga sangat tergantung dari keuletan kerja dan itu ditentukan oleh kesehatan tubuh. Kesehatan tubuh kita tergantung dari kesehatan organ kita dan jutaan sel tubuh kita. Sel-sel ini membutuhkan zat gizi dan itu hanya bisa di dapat dari makanan kita sehari-hari.
Daya tahan seseorang ditentukan dari 2 hal yaitu kualitas makanannya (bergizi) dan kualitas oksigen (udara segar) yang di hirup. Makanan yang tidak bergizi hanya membuat perut kenyang tetapi tidak menyehatkan dan daya tahan tubuh rendah.
Makanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk dapat mampu malakukan aktifitas sehari-hari. Contohnya seperti nasi, jagung, oat, kentang, gandum / tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.
Lauk pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.
Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.
Mirip dengan sayur mayur, buah-buahan pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.
Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.
Sehingga dapat disimpulkan, fungsi empat sehat lima sempurna adalah kombinasi lengkap asupan gizi harian kita yaitu untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan karbohidrat, protein, lemak, mineral, serta vitamin.

(ml)